Paragraf Deskripsi

Penyakit Bronkitis 


Bronkitis adalah iritasi atau peradangan di dinding saluran bronkus, yaitu pipa yang menyalurkan udara dari tenggorokan ke paru-paru jika tabung ini meradang, lapisan di dalamnya akan membengkak dan menebal sehingga saluran pernafasan menyempit akibatnya orang yang mengidap penyakit ini biasanya akan mengalami batuk-batuk.

  Gejala yang paling umum terjadi adalah batuk. Batuk yang dialami dapat berupa batuk kering, atau batuk berdahak. Pada batuk berdahak, dahak yang keluar bisa berwarna putih, kuning, atau hijau. Bronkitis akut umumnya berlangsung selama 10 sampai 14 hari, namun penderita bisa mengalami batuk hingga 3 minggu. Bronkitis akut lebih sering terjadi pada anak-anak di bawah usia 5 tahun, sedangkan bronkitis kronis biasanya berlangsung selama 3 bulan, bronkitis kronis lebih sering terjadi pada orang dewasa atau berusia 40 tahun ke atas.
  Penyebab bronkitis terbagi menjadi dua, yaitu infeksi dan non infeksi. Bronkitis akibat infeksi bisa berasal dari virus atau bakteri, sementara penyebab bronkitis non infeksi antara lain kebiasaan merokok dan paparan debu atau polusi. Selain itu ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang terkena bronkitis, antara lain daya tahan tubuh yang lemah dan sering terpapar zat-zat berbahaya.
Pengobatan bronkitis adalah dengan cara mengkonsumsi obat batuk berdahak titik Selain itu penderita juga disarankan untuk banyak minum air putih dan beristirahat yang cukup guna membantu proses pemulihan bronkitis dapat dicegah dengan tidak merokok, mencuci tangan setiap usai beraktivitas dan selalu memakai masker.
  Tips hidup sehat untuk mencegah penyakit bronkitis adalah menghentikan kebiasaan merokok, olahraga secara teratur menjaga kelembaban ruangan mengupayakan waktu untuk istirahat yang cukup.  

 

Komentar